Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

img_head
LAPORAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LKJIP)

LAPORAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LKJIP)

Telah dibaca : 1.189 Kali

RINGKASAN EKSEKUTIF

Tersusunnya Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Pengadilan Negeri Jayapura Tahun 2023 merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban instansi dalam memberikan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah selama kurun waktu satu tahun.  LKjIP Tahun 2023 ini disusun sekaligus dalam rangka memenuhi amanah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerinta yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Adapun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) melaporkan pencapaian kinerja selama tahun anggaran 2023 yang dibandingkan dengan rencana tahun anggaran sebelumnya mengacu pada Rencana  Strategis (RENSTRA) Pengadilan Negeri Jayapura. Salah satu inti kegiatan yang merupakan tugas pokok dan fungsi serta pencapaian kinerja dari Pengadilan Negeri Jayapura adalah masalah penyelesaian perkara Perdata, Pidana, Tipikor, dan PHI. Sehingga penyelesaian perkara pada Pengadilan Negeri Jayapura merupakan sasaran strategis yang berpedoman pada Indikator Kinerja Utama  maupun target yang diinginkan dari realisasi. Pencapaian kinerja lembaga peradilan juga dipengaruhi oleh unsur Sumber Data Manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta anggaran yang berkaitan dengan penyelesaian perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Negeri Jayapura pada tingkat pertama.

Dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) ini tertuang Indikator Kinerja Utama (IKU) yang didukung oleh anggaran dari DIPA Pengadilan Negeri Jayapura pada tahun anggaran 2022 dengan program di antaranya:

  • Program Dukungan Manajemen (DIPA 01)
  • Program Penegakan dan Pelayanan Hukum (DIPA 03)

 

Secara keseluruhan, rata-rata tingkat pencapaian kinerja Pengadilan Negeri Jayapura  dari empat sasaran adalah sebesar 92,5%.

Rincian capaian kinerja masing-masing indikator tiap sasaran strategis dapat dilihat dalam tabel berikut.

 

Tabel I.1.Sasaran Strategis I

Sasaran Strategis I

Terwujudnya Proses Peradilan yang Pasti, Transparan, dan Akuntabel

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

Capaian

Persentase perkara perdata yang diselesaikan tepat waktu

95%

89,3%

94%

Persentase perkara perdata khusus yang diselesaikan tepat waktu

85%

55,6%

65,4%

Persentase perkara pidana yang diselesaikan tepat waktu

97%

99,2%

102,3%

Persentase perkara pidana khusus yang diselesaikan tepat waktu

85%

80,5%

94,7%

Jumlah putusan yang menggunakan pendekatan keadilan restoratif

5%

2,7%

54%

Persentase perkara yang tidak mengajukan upaya hukum banding

85%

93,3%

109,8%

Persentase perkara yang tidak mengajukan upaya hukum kasasi

85%

71,3%

83,9%

Persentase perkara pidana anak yang diselesaikan dengan diversi

5%

0%

0%

Index kepuasan pencari keadilan

91%

93%

103,3%

Rata-Rata Capaian Kinerja pada Sasaran Strategis I

78,6%

 

 

Tabel I.2.Sasaran Strategis II

Sasaran Strategis II

Peningkatan Efektifitas Pengelolaan Penyelesaian Perkara

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

Capaian

Persentase salinan putusan perkara perdata yang dikirim kepada para pihak tepat waktu

95%

100%

105,3%

Persentase salinan putusan perkara pidana yang dikirim kepada para pihak tepat waktu

95%

100%

105,3%

Persentase perkara yang diselesaikan melalui mediasi

5%

3,9%

78%

Rata-Rata Capaian Kinerja pada Sasaran Strategis II

96,2%

 

Tabel I.3.Sasaran Strategis III

Sasaran Strategis III

Meningkatnya Akses Peradilan bagi Masyarakat Miskin dan Terpinggirkan

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

Capaian

Persentase perkara prodeo yang diselesaikan

-

-

-

Persentase perkara yang diselesaikan di luar gedung pengadilan

-

-

-

Persentase pencari keadilan golongan tertentu yang mendapat layanan bantuan hukum (Posbakum)

100%

100 %

100 %

Rata-Rata Capaian Kinerja pada Sasaran Strategis III

100%

 

 

Tabel I.4.Sasaran Strategis IV

Sasaran Strategis IV

Meningkatnya Kepatuhan terhadap Putusan Pengadilan

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

Capaian

Persentase putusan perkara perdata yang ditindaklanjuti (dieksekusi)

30%

28,6%

95,3%

Rata-Rata Capaian Kinerja pada Sasaran Strategis IV

95,3%

Link Laporan Kinerja Instansi Pemerintahan yes

Download

 

Portal Online